Header Ads

ads header

Breaking News

Proses lembaga sosial : dari norma menjadi lembaga sosial

 Proses terjadi dan perkembangannya lembaga sosial berawal dari norma yang telah terbentuk dalam suatu masyarakat dalam jangka waktu yang lama.  Misalnya , Mengapa manusia Berkeluarga? Mengapa manusia bersekolah ? Mengapa manusia Beragama? Berkaitan dengan Norma.

Berdasarkan tingkatan dan daya ikatnya, secara sosiologis terdapat  Empat  Norma yaitu 1. Cara 2. Kebiasaan 3. Tata kelakuan 4. Adat Istiadat.

Di jelaskan pula oleh Soekanto Bahwa Norma sudah terlembaga atau rutin di lakukan apa bila telah di ketahui, di pahami, di taati dan di hargai oleh individu. Contohnya seorang yang melanggar Norma , menurut kalian apakah Hal tersebut menunjukkan bahwa norma tersebut belum terlembaga? Bagaimana jika dia melanggar karena belumm mengetahui adanya Norma tersebut?

Untuk melembagakan norma agar di patuhi oleh individu dalam suatu masyarakat, maka terdapat sistem pengendalian sosial. Misalnya , agar aturan dipatuhi oleh individu, terdapat kontrol yang di lakukan masyarakat dan lembaga pemerintah. Sebagai contoh teman kalian melanggar aturan sekolah yaitu terlambat ,terdapat kontrol yang di lakukan oleh sekolah yaitu guru kalian yang mengawasi kedatangan kalian di sekolah , bahkan pelanggaran kalian dicatat dan terdapat konsekuensi dari pelanggaran tersebut.

Berkaca dari kasus diatas , Apa yang kalian Rasakan dari keberadaan pengendalian sosial agar norma Norma berjalan dengan Baik?

Terdapat Dua Alasan mengapa Terdapat sistem pengendalian sosial, yaitu

1. Pengendalian sosial sebagai bentuk pencegahan agar tidak di langgar, tidak di ualang, dan tidak di tiru oleh individu lainnya.

2. Pengendalian sosial dapat dianggap sebagai Tekanan yang di rasakan oleh individu karena mendorong individu untuk mematuhi aturan.



Tidak ada komentar